Model pembelajaran Visual
Auditori Kinestetik (VAK) adalah strategi pembelajaran yang menekankan
bahwa belajar haruslah memanfaatkan alat indra yang dimiliki siswa. Menurut
Nurhasanah (2010) pembelajaran dengan model pembelajaranVisual Auditori
Kinestetik (VAK) adalah suatu pembelajaran yang memanfaatkan gaya
belajar setiap individu dengan tujuan agar semua kebiasaan belajar siswa akan
terpenuhi. Jadi dapat disimpulkan Model pembelajaran Visual Auditori
Kinestetik (VAK) adalah model pembelajaran yang
mengkombinasikan ketiga gaya belajar (melihat, mendengar, dan bergerak) setiap
individu dengan cara memanfaatkan potensi yang telah dimiliki dengan melatih
dan mengembangkannya, agar semua kebiasaan belajar siswa terpenuhi. (Sugiyanto.
2008:101)
VAK (Visual, Auditory,
Kinesthetic) merupakan tiga modalitas yang dimiliki oleh
setiap manusia. Ketiga modalitas tersebut kemudian dikenal sebagai gaya
belajar. Gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang dapat
menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi, (Deporter, 1999:112).
Model pembelajaran VAK adalah
model pembelajaran yang mengoptimalkan ketiga modalitas belajar tersebut untuk
menjadikan si belajar merasa nyaman. Model pembelajaranVAK ini
merupakan anak dari model pembelajaran Quantumyang berprinsip untuk
menjadikan situasi belajar menjadi lebih nyaman dan menjanjikan kesuksesan bagi
pebelajarnya di masa depan.
Pembelajaran dengan model
ini mementingkan pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan bagi
siswa. Pengalaman belajar secara langsung dengan cara belajar dengan mengingat (Visual),
belajar dengan mendengar(Auditory), dan belajar dengan gerak dan emosi (Kinestethic)(DePorter
dkk. 1999). Dan menurut Herdian, model pembelajaran VAK merupakan
suatu model pembelajaran yang menganggap pembelajaran akan efektif dengan
memperhatikan ketiga hal tersebut (Visual, Auditory, Kinestethic), dan
dapat diartikan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi
siswa yang telah dimilikinya dengan melatih dan mengembangkannya. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk
belajar langsung dengan bebas menggunakan modalitas yang dimilikinya untuk
mencapai pemahaman dan pembelajaran yang efektif.
Pemanfaatan dan
pengembangan potensi siswa dalam pembelajaran ini harus memperhatikan kebutuhan
dan gaya belajar siswa. Bagi siswa visual, akan mudah belajar
dengan bantuan media dua dimensi seperti menggunakan grafik, gambar, chart,
model, dan semacamnya. Siswa auditory, akan lebih mudah belajar
melalui pendengaran atau sesuatu yang diucapkan atau dengan media audio.
Sedangkan siswa dengan tipe kinestethic, akan mudah belajar sambil
melakukan kegiatan tertentu, misalnya eksperimen, bongkar pasang, membuat
model, memanipulasi benda, dan sebagainya yang berhubungan dengan system gerak.
(Suyatno. 2009:60)
Casinos Near Casinos in Washington | MapYRO
BalasHapusA map showing casinos 이천 출장안마 and other gaming facilities located near Casinos in Washington, D.C.. Casinos Near Me · Hotels 춘천 출장안마 near me · A Casino 광주 출장마사지 Near Me · 영천 출장샵 A Casino Near Me · A 대전광역 출장마사지 Casino Near