Sabtu, 27 Februari 2016

Pengertian Keterbukaan

Keterbukaan berarti memberi peluang luar untuk masuk, dan menerima berbagai hal untuk masuk, baik itu di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, ideologi, paham dan aliran, ataupun ekonomi. Terbuka menerima saran, kritik, dan pendapat orang lain dalam pergaulan. Tidak menutup diri dari pergaulan, keterbukaan dan keterusterangan terhadap apa yang dipikirkan, diinginkan, diketahui dan kesediaan menerima saran dan kritik dari orang lain.

Keterbukaan juga dapat diartikan sebagai keadaan yang memukingkan ketersediaan informasi yang dapat diberikan dan didapatkan oleh masyarakat luas.  Dengan keterbukaan berarti seseorang pribadi atau pemerintah atau penyelenggara negara sanggup bertanggung jawab terhadap kegiatan yang dilakukannya kepada masyarakat.

Suasana keterbukaan juga dimaksudkan sebagai keterbukaan dalam berbagai bidang kehidupan, antara lain dalam iklim politik, yakni setiap warga negara berhak mengemukakan pendapatnya sejauh tidak bertentangan dengan semangat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Selain itu, keterbukaan merupakan perwujudan dari sikap jujur, rendah hati,adil, mau menerima pendapat, kritik dari orang lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keterbukaan adalah hal terbuka, perasaan toleransi dan hati-hati serta merupakan landasan untuk berkomunikasi. Dengan demikian dapat dipahami pula bahwa yang dimaksud dengan keterbukaan adalah suatu sikap dan perilaku terbuka dari individu dalam beraktivitas.

Keterbukaan sangat penting dalam berkomunikasi. Sikap keterbukaan di antara kita akan dapat melancarkan informasi, dan pada akhirnya akan dapat memperkukuh kesatuan dan persatuan bangsa. Dengan keterbukaan itu, kita akan dapat menyerap berbagai kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Dan dengan itu pula kita akan bersikap dan berperilaku mau menghargai perbedaan yang dimiliki oleh orang, kelompok, atau suku bangsa lain. Sikap keterbukaan juga akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Budi pekerti dalam hubungannya dengan penerapan sikap berbudi pekerti luhur, salah satu sasarannya adalah membangun dan menumbuh-kembangkan individu-individu yang berjiwa demokratis.

Makna keterbukaan
Makna keterbukaan berasal dari kata terbuka yang memiliki arti luas, tidak tertutup, tidak terbatas pada orang tertentu saja, tidak di rahasiakan.jadi keterbukaan yaitu memberi peluang luar untuk masuk dan menerima berbagai hal untuk masuk, baik itu di dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, ideologi, paham dan aliran, ataupun ekonomi.

Fungsi keterbukaan
Fungsi keterbukaan adalah memperoleh berbagai informasi sehingga dapat memperkaya pengetahuan, dapat meningkatkan SDM, mampu memberikan menularkan info mengenai hal2 yang bersifat dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, mampu menghalau dan mengantisipasi pihak2 yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, memungkinkan adanya kebiasaan berdialog baik antar suku bangsa golongan aliran maupun agama, dapat membentuk forum permusyawaratan baik antar suku bangsa golongan aliran maupun agama, menghindarkan diri dari fitnah dan prangsangka negatif.


0 komentar:

Posting Komentar