Sabtu, 27 Februari 2016

Gaya belajar visual merupakan gaya belajar bagi siswa yang suka menghafal, gaya belajar auditory merupakan gaya belajar siswa dengan mendengar, sementara gaya belajar kinestethic adalah gaya belajar siswa dengan melakukan sesuatu hal atau praktikkum. Kelebihan dan kelemahan Setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan, tidak terkecuali model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) juga memiliki kelebihan dan kelemahan diantaranya sebagai berikut.

1)      Kelebihan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK
a. Pembelajaran akan lebih efektif, karena mengkombinasikan ketiga gaya belajar.
b. Mengembangkan potensi siswa yang telah dimiliki oleh pribadi masing-masing.
c. Memunculkan suasana belajar yang lebih baik, menarik dan efektif
d. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
e. Mampu menjangkau setiap gaya pembelajaran siswa.
f. Mampu melibatkan siswa melalui kegiatan fisik seperti demonstrasi, percobaan, observasi, dan diskusi aktif.
g. Siswa yang memiliki kemampuan bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar karena model ini mampu melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

2)      Kelemahan Model Pembelajaran VAK
Kelemahan dari model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) yaitu tidak banyak orang mampu mengkombinasikan ketiga gaya belajar tersebut. Sehingga orang yang hanya mampu menggunakan satu gaya belajar, hanya akan mampu menangkap materi jika menggunakan metode yang lebih memfokuskan kepada salah satu gaya belajar yang didominasi. (Janghyunita, 2012:3)

0 komentar:

Posting Komentar